Minggu, 10 Desember 2023

Kemenkumham Gelar Acara Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-75



 



Direktorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM Kemenkumham)menyelenggarakan puncak perayaan peringatan hari HAM sedunia yang ke-75. Sedianya, peringatan ini dilaksanakan di Lapangan Banteng, Jakarta pada Minggu, 10 Desember hari ini.

Adapun, Acara ini bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dengan mengangkat tema “Harmoni dalam Keberagaman”.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, mengungkapkan peringatan hari HAM memiliki makna yang mendalam. Menurutnya, dari acara ini menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah.

"Malam ini menjadi momentum bagi kita bersama-sama merefleksikan prinsip-prinsip HAM dan merenungkan perjalanan dari Universal Declaration of Human Rights," kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly di Lapangan Banteng, Minggu 10 Desember 2023.

“One important thing to take note, mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman berarti memerangi diskriminasi, prasangka, intoleransi, dan ketidaksetaraan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna mengungkapkan KemenkumHAM telah menjalankan sejumlah program di bidang HAM yang menyasar instansi pemerintah maupun pelaku bisnis di antaranya Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia (Stranas BHAM) dalam rangka mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman

"Terkini, KemenkumHAM telah menyusun Indeks HAM Indonesia (IHAMI) yang kedepannya akan menjadi alat untuk mengukur implementasi HAM di tanah air," ujar Yasonna.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro, dan Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar