Jumat, 31 Mei 2024

Upacara Hari Lahir Pancasila Rupbasan Mojokerto : Kebhinekaan dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila

 



Mojokerto – Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur menggelar upacara yang berlangsung di halaman depan Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Upacara ini diikuti oleh seluruh pegawai dan dipimpin langsung oleh Kepala Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Sudarso. Para peserta upacara tampil mengenakan pakaian adat sebagai simbol kebinekaan bangsa Indonesia.(01/06)

Dalam upacara tersebut, Sudarso membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Dalam sambutan tersebut, disampaikan bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang hidup dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. "Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," tegasnya.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui berbagai media juga menjadi sorotan. Beliau menyampaikan bahwa teknologi ini harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, Beliau juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian. Hal ini sangat penting dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur ini tidak hanya menjadi momen refleksi atas nilai-nilai Pancasila, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat semangat kebersamaan dan kesatuan dalam keberagaman di Indonesia.

#kemenkumhamRI
#yasonnalaoly
#kemenkumhamjatim
#kakanwilkemenkumhamjatim
#heniyuwono
#RupMokerPrima
#WBKPasti
#menpanrb
#rupbasanmojokerto
#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@Ditjenpas
@kumhamjatim
@sipp_menpan
@anugerahasn_menpan
@diary_kemenkumham
@rbkunwas

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar