Senin, 13 Februari 2023

Pejabat Rupbasan Mojokerto Hadiri Rapat Koordinasi MPD & MPW Notaris Jatim


Malang - Melaksanakan tugas pengawasan dan pembinaan notaris diperlukan kebersamaan dan sinergitas. Terbatasnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah bukanlah menjadi hambatan apabila dalam internal MPWN atau MPDN terbangun semangat gotong royong. Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Rakor MPW dan MPD Notaris hari ini 13 Pebruari 2023.

 

Kepala Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kemenkumham Jatim, Sudarso dan Kepala subseksi administrasi dan pengelolaan Rupbasan Kelas II Mojokerto Kanwil Kemenkumham Jatim, Budi Haryono hadiri koordinasi MPD dan MPW Notaris Kemenkumham Jatim.

 

"Kolaborasi dengan para stakeholder misalnya Pengda INI dalam hal pembinaan notaris akan memberikan dampak yang signifikan dan masif sehingga dapat membangkitkan kesadaran notaris untuk patuh pada peraturan dan kode etik profesi," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari saat membuka kegiatan Rakor di Ijen Suites Hotel, Malang.

 

Imam mengatakan bahwa pengawasan kepada notaris saat ini masih belum maksimal. Karena banyak pelanggaran yang dilakukan oleh oknum notaris sehingga menimbulkan akibat hukum yang berujung pada adanya gugatan terhadap Kemenkumham.

 

"Baik melalui pengadilan negeri maupun pengadilan tata usaha negara, hingga pelaporan dugaan tindak pidana kepada aparat penegak hukum," terangnya.

 

Sebenarnya, lanjut Imam, bukan hanya gugatan kepada Kemenkumham saja yang menjadi perhatian saat ini. Tetapi juga terampasnya atau tidak terlindunginya hak-hak warga negara.

 

"Serta dampak kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh oknum notaris," terangnya.

 

Sebagai Majelis Pengawas Notaris, lanjut Imam, MPD dan MPW punya tanggung jawab yang besar untuk menjaga kehormatan notaris Indonesia.

 

"Kami berharap, kegiatan ini berjalan dengan lancar serta tercapai sinergitas dan koordinasi pelaksanaan tugas dan wewenang Majelis Pengawas Notaris di Jawa Timur," tutupnya.

 

#KumhamSemakinPASTI
#Ditjenpas
#Yasonna
#Pemasyarakatan
#RupMokerPrima
#WBKPasti
#menpanrb
#KemenkumhamJatim
#ImamJauhari
#TeguhWibowo
#rupbasanmojokerto
#jatimpastihebat
@kemenkumhamri
@Ditjenpas
@kumhamjatim
@sipp_menpan
@anugerahasn_menpan
@diary_kemenkumham
@rbkunwas

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar